Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Ketika Mengalami Keracunan Makanan

Keracunan makanan  merupakan salah satu kondisi yang akan mengganggu kesehatan seseorang. Dimana kondisi ini adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan organisme seperti virus, bakteri, dan juga parasit. Kontaminasi ini paling umum adalah disebabkan oleh makanan yang mempunyai proses yang tidak sehat dan juga tidak benar. Sehingga akan lebih mudah untuk seseorang teracuni karena mengkonsumsi makanan tersebut.


Gangguan kesehatan ini sendiri membutuhkan penanganan yang segera. Sehingga ketika mengalami keracunan dari makanan yang dikonsumsi maka bisa untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu juga mencegah agar tidak terjadi lagi keracunan akibat mengkonsumsi makanan yang salah. Adapun untuk beberapa jenis makanan yang biasanya mudah untuk terkontaminasi adalah apabila tidak dimasak secara benar. Selain itu juga dari penyimpanan makanan yang salah dan yang diolah secara tidak baik. Misalnya saja beberapa jenis makanan yang mudah untuk terkontaminasi adalah sebagai berikut ini:

  1. Daging mentah yang harus mempunyai cara pengolahan yang tepat.
  2. Susu yang merupakan minuman yang harus dikonsumsi secara benar.
  3. Makanan siap saji yang mempunyai isi yang berbeda dan bisa dengan mudah mengalami kontaminasi.
  4. Makanan yang ada dalam kaleng yang merupakan penyimpanan makanan yang lebih beresiko.
  5. Telur mentah yang mudah untuk terkontaminasi.
  6. Kerang-kerang dan juga makanan laut yang masih mentah.


Walaupun tidak semua makanan yang ada di atas, akan menyebabkan keracunan makanan, tetapi sebaiknya makanan tersebut dihindari terlebih dahulu ketika mengalami kondisi ini. Sehingga nantinya akan lebih cepat sembuh dan tidak membuat kondisi kesehatan yang semakin parah. Ketika mengalami keracunan yang disebabkan oleh makanan sendiri akan menunjukan beberapa gejala yang dialami. Adapun beberapa gejala keracunan dari makanan yang terkontaminasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Gejala pertama yang paling umum adalah ketika mengalami mual. Hal ini merupakan tanda awal karena perut yang bermasalah.
  2. Gejala selanjutnya adalah ketika hingga muntah-muntah yang juga merupakan tanda dari gejala mengalami keracunan.
  3. Gejala selanjutnya adalah ketika sudah mengganggu pencernaan. Keracunan dari makanan ini biasanya akan membuat intensitas diare atau buang air yang lebih sering.
  4. Gejala terakhir adalah bisa mengalami sakit di bagian perut dan juga mengalami kram perut yang sakit.


Gejala tersebut disebabkan oleh keracunan karena makanan yang umumnya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Penyebab pertama adalah ketika menyimpan makanan dalam suhu yang tidak tepat. Terutama untuk penyimpanan susu dan daging yang disimpan di kulkas pada suhu yang tidak tepat.
  2. Penyebab selanjutnya adalah ketika memasak makanan yang tidak merata atau matangnya yang tidak merata.
  3. Penyebab ketiga adalah karena meninggalkan makanan matang dengan suhu hangat yang terlalu lama.
  4. Penyebab selanjutnya adalah ketika mengkonsumsi makanan yang kadaluarsa.
  5. Penyebab selanjutnya adalah karena menggunakan telenan dan peralatan masak yang tidak bersih.

Penyebab tersebut tentu saja dapat dihindari dengan menyimpan dan mengolah makanan dengan tepat. Akan tetapi ketika sudah mengalami keracunan makanan, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menerima pengobatan. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan tujuan meredakan gejalanya. Selain itu ketika mengalami keracunan juga membuat dehidrasi, sehingga perlu untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Penderita perlu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga mendapatkan pertolongan dari dokter agar kondisi tidak menjadi lebih parah.