Gejala Utama Radang Tenggorokan yang Bikin Risih


Gejala Utama Radang Tenggorokan yang Bikin Risih

Radang tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja dengan berbagai faktor penyebab. Salah satunya bisa terjadi karena cuaca yang terlalu panas sehingga membuat debu masuk ke dalam tenggorokan dengan lebih mudah. Berikut gejala utama radang yang terjadi pada tenggorokan dan bikin risih.

1.      Rasa Sakit
Ketika Anda sedang radang maka akan merasakan sakit di tenggorokan. Rasanya tidak nyaman untuk bernapas. Tidak hanya pada tenggorokan, Anda juga merasa sakit pada bagian kepala. Gejala ini terjadi secara bersamaan.
Selain itu juga akan terasa sakit di bagian telinga dan hidung yang membuat Anda kesulitan bernapas. Hidung akan berair dan membuat suara menjadi serak yang bisa berlangsung selama dua minggu. Beberapa kondisi hidung bisa tersumbat dan tentu membuat Anda kesulitan bernapas. 

2.      Demam
Gejala lainnya yang akan membuat Anda merasa risih adalah demam sehingga membuat tubuh menjadi lemas. Saat sedang demam maka nyeri terasa di bagian sendi dan nyeri di bagian otot. Ini akan membuat kondisi Anda saat demam terasa sangat tidak nyaman. Tidak bisa istirahat dengan tenang. Berbarengan dengan demam Anda juga akan mengalami batuk dan flu.

3.      Masalah pada Kulit
Kulit merupakan bagian tubuh yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman jika terjadi masalah. Permasalah karena radang tenggorokan ini bisa terlihat dari ruam yang terjadi pada kulit. Ruam ini juga disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher. Anda bisa merasakan pembengkakannya dengan tangan secara langsung.

4.      Kelelahan
Anda juga bisa mengalami gejala berupa kelelahan saat sedang radang pada tenggorokan. Kelelahan ini tidak pandang waktu sehingga membuat Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas. Anda juga akan merasakan pegal-pegal pada bagian tubuh yang terjadi selama radang.

5.      Amandel Membengkak
Amandel merupakan bagian yang sensitif dan mudah terasa sakit. Ketika Anda sedang radang maka gejalanya dapat dilihat dari amandel yang membengkak dan berwarna merah. Bersamaan dengan itu kelenjar getah bening di ketiak juga akan membesar. Terjadi juga pembengkakan pada limpa dan lebih parahnya lagi adanya gejala peradangan hari.

6.      Tidak Selera Makan
Saat Anda mengalami radang maka selera makan akan menurun bahkan menjadi tidak selera. Kondisi tubuh akan semakin lemas dan membuat bakteri atau virus penyebab radang bisa menyebar lebih cepat dan memperburuk kondisi tenggorokan. Anda tidak selera makan karena kesulitan menelan dan rasa terbakar di bagian tenggorokan.

Radang tenggorokan bisa dialami siapa saja dan harus diatasi sebelum semakin parah. Anda bisa mengatasi radang ini dengan mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, jeruk nipis, belimbing, nanas, atau pun kiwi. Begitu Anda merasakan adanya gejala ini, segera lakukan pengobatan dengan pemeriksaan jika mengonsumsi buah tidak bisa menjadi solusi dan sembuh.